FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) JURNAL LIBRARIA MENUJU AKREDITASI :: USER EDUCATION PERPUSTAKAAN 2018 :: AKTIVASI KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN :: AKTIVASI KEANGGOTAAN PERPUSTAKAAN :: JADWAL PESERTA USER EDUCATION UPT PERPUSTAKAAN IAIN KUDUS TAHUN 2018 ::

WORKSHOP OPEN EDUCATIONAL RESOURCES UPT PERPUSTAKAAN IAIN KUDUS 2018

Diposting oleh : PERPUSTAKAAN - STAIN KUDUS
Selasa, 17 Juli 2018 - 08:30:40 WIB


Workshop Open Educational Resources, diselenggarakan oleh UPT perpustakaan IAIN Kudus pada hari Senin tanggal 16 Juli 2018, bertempat di lantai 3 gedung rektorat IAIN Kudus. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Taufiq Abdul Gani, M.Eng.Sc dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Dr. H. Mundakir, M.Ag selaku rektor IAIN Kudus dan Dr. Nor Hadi, SE, M.Si,Akt,CA selaku wakil rektor 2 IAIN Kudus. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh 91 Peserta yang terdiri dari para Kajur, Kaprodi, kepala unit ,dosen, dan pustakawan di lingkungan IAIN Kudus, serta kepala sekolah dari beberapa SMA/MA di Kabupaten Kudus, dan Kepala Perpustakaan Perguruan tinggi di Kabupaten Kudus dan sekitarnya  

Rektor IAIN Kudus  Dr.H Mundakir, M.Ag ketika memberikan materi menegaskan bahwa unsur pimpinan di IAIN Kudus memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung kebijakan pengembangan OPEN EDUCATIONAL RESOURCES sebagai sumber belajar terbuka dan digital di IAIN Kudus ditunjang dengan pembangunan  gedung perpustakaan 4 lantai yang insya Allah pembangunanya akan selesai pada bulan Desember 2018 dengan nilai 42,5 M. Sedangkan, Dr. Nor Hadi, SE, M.Si,Akt,CA menyampaikan hal-hal berkaitan dengan kebijakan penggunaan anggaran terutama untuk OER

Dalam Workhshop ini Narasumber Dr. Taufiq Abdul Gani, M.Eng.Sc. mengenalkan  tentang penggunaan software dan pengembangan  koleksi OER di  perpustakaan Unsyiah serta menyampaikan bahwa saat ini banyak bertambah personal atau lembaga pendidikan tinggi yang berbagi sumber daya belajar lewat internet secara terbuka tanpa biaya, dan dikenal sebagai Open Educational Resources (OER). Keuntungan menggunakan OER untuk Mahasiswa, OER menawarkan penghematan biaya dalam jumlah besar sebagai alternatif dari textbooks yang mahal. Sedangkan, bagi dosen bahan tersebut dapat diadaptasikan ke bahasa lokal dan menggunakanya secara inovatif. Menurut narasumber Dr. Taufiq Abdul Gani,penggunaan dan  pengembangan koleksi OER tersebut harus memperhatikan lisensi dan creative common.

Pada akhirnya melalui kegiatan workshop ini, diadakan kerjasama MOU antara UPT perpustakaan IAIN Kudus dan Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dalam hal pengembangan koleksi OER di masing-masing instansi.




Pengumuman

>> Lihat Semua Pengumuman

Agenda

USER EDUCATION PERPUSTAKAAN IAIN KUDUS 2018
Tgl: 3-9-2018 s/d 6-9-2018
Jam: 08.00 - 16.00

>> Lihat Semua Agenda

Download

Video Youtube